Latar Belakang
Keunggulan suatu bangsa tidak lagi
bertumpu pada kekayaan alam,melainkan pada keunggulan sumber daya manusia
(SDM), yaitu tenaga terdidik yang mampu menjawab tantangan-tantangan yang
sangat cepat mutu SDM Indonesia saat ini masih
ketinggalan dan berada di belakang SDM negara-negara maju dan negara-negara
tetangga, seperti Malaysia dan Thailand. Gagasan tentang manajemen pendidikan yang
berbasis sekolah (school-based management) yang memberikan ruang yang luas bagi
sekolah dan masyarakatnya untuk menentukan program dan rencana pengembangan
diri sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing.
Sejalan dengan gagasan desentralisasi
pengelolaan pendidikan, maka fungsi-fungsi pengelolaan sekolah perlu
diberdayakan secara maksimal agar dapat berjalan secara efektif untuk
menghasilkan mutu lulusan yang diharapkan oleh masyarakat dan bangsa.
Implementasi gagasan tersebut perlu
didukung oleh seperangkat instrumen yang akan mendorong sekolah berupaya
meningkatkan efektivitas fungsi-fungsi pengelolaannya secara terus-menerus
sehingga mampu berkembang menjadi learning organization.
Identifikasi
Masalah
- Bagaimana Pengembangan model penilaian sekolah efektif dapat dihasilkan ?
- Bagaimana penilaian Sekolah Efektif dalam Perspektif Manajemen Pendidikan ?
Tujuan
- Untuk mengembangkan model penilaian sekolah efektif beserta instrumen dan pedoman pelaksanaannya
- Dalam jangka panjang, model penilaian sekolah efektif diharapkan dapat memacu setiap sekolah untuk melakukan penilaian sendiri (self-evaluation) dan melakukan perbaikan- perbaikan yang diperlukan secara berkala untuk meningkatkan efektivitas fungsi-fungsi pengelolaannya, sehingga model penilaian sekolah efektif mampu menjadikan setiap sekolah menghasilkan mutu lulusan yang diharapkan
Konsep Sekolah
Efektif
¡ Esensi yang terkandung dalam bagian
pendahuluan di atas adalah fungsi sekolah sebagai tempat belajar yang memiliki
kewajiban untuk menyelenggarakan pengalaman pembelajaran yang bermutu bagi
peserta didiknya
¡ Sekolah efektif dapat diartikan sebagai
sekolah yang menunjukkan tingkat kinerja yang diharapkan dalam menyelenggarakan
proses belajarnya, dengan menunjukkan hasil belajar yang bermutu pada peserta
didik sesuai dengan tugas pokoknya
¡ Dari seluruh layanan yang dilakukan
sekolah dan pengaruh dari suasana/iklim yang kondusif yang diciptakan di
sekolah
Sekolah
Efektif dalam Perspektif Manajemen Mutu
Pendidikan
- Penyelenggaraan layanan belajar bagi peserta didik biasanya dikaji dalam konteks mutu pendidikan yang erat hubungannya dengan kajian kualitas manajemen dan sekolah efektif.
- Di lingkungan sistem persekolahan, konsep mutu pendidikan dipersepsi berbeda-beda oleh berbagai pihak
- Sekolah dianggap bermutu apabila para siswanya, sebagian besar atau seluruhnya, memperoleh nilai/angka yang tinggi, sehingga berpeluang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
- Hasil pendidikan yang bermutu memiliki nuansa kuantitatif dan kualitatif. Artinya, di samping ditunjukkan oleh indikator seberapa banyak siswa yang berprestasi sebagaimana dilihat dalam perolehan angka/nilai yang tinggi, juga ditunjukkan oleh seberapa baik kepemilikan kualitas pribadi para siswanya
- Kemampuan umum yang dimiliki seorang anak biasanya dipergun akan sebagai prediktor untuk menjelaskan tingkat kemampuan menyelesaikan program belajar, sehingga kemampuan ini sering disebut sebagai scholastic aptitude atau potensi akademik.
- Kemampuan profesional guru direfleksikan pada mutu pengalaman pembelajaran siswa yang berinteraksi dalam kondisi proses belajar mengajar
- Budaya sekolah adalah seluruh pengalaman psikologis para siswa (sosial, emosional dan intelektual) yang diserap oleh mereka selama berada dalam lingkungan sekolah Budaya sekolah merembes pada penghayatan psikologis warga sekolah termasuk siswa, yang pada gilirannya membentuk pola nilai, sikap, kebiasaan dan perilaku
- Kepemimpinan sekolah yang efektif merupakan sumber nilai dan semangat, sumber tatanan dan perilaku kelembagaan yang berorientasi ke arah dan sejalan dengan pencapaian visi dan misi sekolah
Bagaimana
Pengembangan model penilaian sekolah efektif dapat dihasilkan
Sekolah efektif adalah sekolah yang semua
sumber dayanya diorganisasikan dan dimanfaatkan untuk menjamin semua siswa,
tanpa memandang ras, jenis kelamin, maupun status sosialekonomi, dapat
mempelajari materi kurikulum yang esensial di sekolah itu. Adapun fungsi pendidikan adalah sekolah
sebagai wahana untuk proses pendewasaan dan pembentukkan kepribadian siswa Upaya perumusan konstruk dan indikator
efektivitas sekolah tidak dapat dilepaskan dari konsep tentang kemampuan
(kompetensi) yang hendak dikembangkan melalui pendidikan di sekolah. Dalam Pengembangan model penilaian sekolah
efektif menghasilkan:
- Konstruk dan Indikator Sekolah Efektif, yaitu suatu konstruk dan sejumlah indikator tentang penilaian sekolah efektif yang memiliki landasan konseptual yang kuat
- Instrumen Penilaian Sekolah Efektif, yaitu penyusunan instrumen tersebut merujuk pada sifat umum yang berlaku bagi setiap sekolah
- Pedoman Pelaksanaan Penilaian Sekolah Efektif dan Penafsiran Hasilnya, yaitu pedoman yang dirancang dengan mengacu pada konstruk sistem persekolahan dan instrumen penilaian yang dikembangkan
- Laporan Kegiatan, yaitu hasil kegiatan berupa laporan yang akan memuat prosedur kegiatan, kajian teoritis dan survei lapangan
- Usulan Implementasi Penilaian Sekolah Efektif, yaitu suatu usulan yang dirumuskan dengan mengacu pada produk-produk yang telah dihasilkan yang mencakup rasional
Bagaimana penilaian Sekolah Efektif dalam Perspektif
Manajemen Pendidikan
¡ Manajemen sekolah merupakan proses
pemanfaatan seluruh sumber daya sekolah yang dilakukan melalui tindakan yang
rasional dan sistematik (mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengerahan
tindakan, dan pengendalian) untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan
efisien.
¡ Tindakan-tindakan manajemen tidak
berlangsung dalam satu isolasi, melainkan terjadi dalam satu keutuhan
kompleksitas sistem
Manajemen sekolah
yang efektif mampu mewujudkan apa yang disebut sebagai “self-renewing schools”
atau “adaptive schools”, atau disebut juga sebagai “learning organization”
yaitu suatu kondisi di mana kelembagaan sekolah sebagai satu entitas mampu
menangani permasalahan yang dihadapinya sementara menunjukkan kapabilitasnya
dalam berinovasi
Kesimpulan
¡ Model penilaian sekolah efektif merupakan
salah satu instrumen yang diharapkan dapat digunakan oleh pengelola pendidikan
untuk mengetahui tingkat keberhasilan
setiap sekolah
¡ Adapun dalam mencapai sekolah yang efekif
memperhatikan penelolaan dalam manajemen sekolah, dimana sekolah merupakan
proses pemanfaatan seluruh sumber daya sekolah yang dilakukan melalui tindakan
yang rasional dan sistematik (mencakup perencanaan, pengorganisasian,
pengerahan tindakan, dan pengendalian) untuk mencapai tujuan sekolah secara
efektif dan efisien.
Saran
¡ Dalam mencapai sekolah yang efektif dan
efisien proses pemanfaatan seluruh sumber daya sekolah yang dilakukan melalui
tindakan yang rasional dan sistematik berdasarkan pola manajemen pendidikan.
¡ Berkaitan dengan Penilaian sekolah dan
efisien dalam perfektif pendidikan maka penulis menyarankan bahwa dalam
menjalankan pengelolaan pendidikan di sekolah harus terjadi dalam satu keutuhan kompleksitas
sistem
OLEH :
adefirmansyah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar